Kiranya tidak dapat kita pungkiri bahwa komputer dan internet telah menjadi pemicu tumbuhnya ICT sepesat ini. Demikian pula di Indonesia, dimana pendidikan baru menyentuh atmosfir ICT di penghujung dekade 1990-an. Disadari atau tidak bahwa hal ini memang agak terlambat dibanding daerah lain. ICT memang menuntut kecakapan komunikasi global, sementara saat itu di Indonesia tidak banyak SDM yang memiliki kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan mampu mengoperasikan komputer.

Inilah pekerjaan rumah tersulit di awal implementasi ICT di kabupaten Madiun. Sebagai Dinas yang dipercaya untuk mengelola Jardiknas, merasa tertantang untuk menjawab situasi dan kondisi tersebut., akhirnya Dinas Pendidikan mengambil inisiatif untuk menjemput tantangan tersebut dengan penuh semangat dan strategi.

Langkah pertama, kami membentuk blog ICT ini sebagai pusat media forum tanggapan informasi dan komunikasi Dinas dengan lembaga-lembag diwilayah Kabupaten Madiun khususnya dan daerah lain yang peduli dan memiliki talenta ICT.

Langkah kedua, Dinas mengakomodasi ide yang dikirim dan didiskusikan BLOG ICT dari peserta pelatihan yang kami adakan mulai tahun 2007 s/d 2009

Langkah ketiga, merencanakan membentuk paguyupan BLOG ICT yang anggotanya terdiri dari PTK dan siswa dari masing-masing lembaga di wilayah Kabupaten Madiun.

Kritik dan saran demi kemajuan ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun. Salam semuanya NDN