Gagasan tentang adanya alat untuk memberdayakan informasi bukan hal baru. cerita ini dapat dirunut balik ke Dr. Vannevar Bush dengan “mesin memex” yang dikonsepkannya dalam tahun 1945 . Bush, direktur U.S. Office of Scientific Research and Development selama perang dunia II, meramalkan dikembangkannya sebuah alat tempat kita dapat menyimpan sebuah buku, catatan , dan komunikasi kita serta menghadirkan data pada sebuah layar.

Mesin memex ini mampu menyimpan kumpulan informasi selama ratusan tahun, termasuk catatan panjang , komentar-komentar dan foto foto. Dengan sistem indeks asosiatif orang dapat menciptakan dan mempertahankan keterhubungan diantara semua isi agar informasi penting untuk suatu saat mudah ditemukan dan dikorelasikan dari kumpulan data sebanyak itu.

Mesin memex Bush yang digambarkan sebagai sebuah meja sungguhan berukuran besar dengan alat penyimpan mikrofilm yang dioperasikan menggunakan tuas-tuas mekanik, mungkin dapat diperbandingkan dengan cerita Wizard of Oz, tukang sihir yang bekerja dibalik layar. Akan tetapi, analisisnya tentang masalah yang dihadapi-tidak cukupnya cara kita menangani informasi kala itu-serta solusinya-sebuah alat yang menyimpan dan mengorganisasikan semua informasi- secara mendasar betul sekali. pada hakikatnya ia menggambarkan PC multimedia yang terhubung dengan web, tetapi dengan bahasa teknologi mekanistik tahun 1945. ia bahkan telah meramalkan adanya mesin-mesin pencari setara dengan yang ada pada Internet, yang” menyediakan jalan-jalan mudah untuk memasuki belantara informasi.”