LINK HOSTING  DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

http://dindikkabmadiun.net/

http://dindikkabmadiun.co.nr/ict

JARINGAN ICT DIKEMBANGKAN UNTUK SHARING DENGAN LEMBAGA DI SELURUH WILAYAH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

(MARI BERBAGI ILMU, SIAPA TAU ILMU ANDA MENJADI AMAL JARIYAH)

TAHUN 2008 TELAH MEMBANGUN 3 TOWER YAITU :

camkanlah-temen22ku

1. SMKN 1 JIWAN

2. SMAN 1 DADANGAN

3. SMPN 1 GEGER

INFI KLIK DISINI1SEKOLAHB CLIENT :

1. UPT PENDIDIKAN TK/SD KECAMATAN DAGANGAN

2. UPT PENDIDIKAN TK/SD KECAMATAN GEGER

3. UPT PENDIDIKAN TK/SD KECAMATAN MADIUN

4. SMKN 1 KEBONSARI

5. KOPERASI SEGAR

Saat ini ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun telah memiliki client sekolah sebanyak 4 Sekolah, 3 UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan dan 1 Koperasi Segar juga HOTSPOT bebas disekitar lingkungan ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun. Dari segi jumlah client sekolah memang masih kurang jika dibandingkan dengan ICT Kabupaten lain. Ada beberapa kendala yang kita hadapi saat ini untuk menambah jumlah client antara lain:

  1. helpdeskictKurangnya sosialisasi tentang manfaat ICT.

  2. Kurangnya konten lokal. Perlu dijelaskan disini bahwa sebagian besar sekolah beranggapan kalau internet adalah sumber informasi segalanya. Sehingga buat apa koneksi ke ICT kalau isinya memang hanya internet saja. Padahal seharusnya ICT selain bertugas menyediakan internet “Gratis” juga wajib menyediakan konten lokal. Dengan anggapan seperti itu banyak sekolah yang lebih baik menggunakan koneksi internet menggunakan ISP atau Speedy dari Telkom dari pada menggunakan ICT

  3. Topologi daerah Kabupaten Madiun Yang terbagi menjadi 4 penjuru wilayah, banyak memiliki daerah pegunungan dan hutan lebat serta ditengah-tengah Kabupaten Madiun dalah Kota Madiun.

Melihat kondisi permasalahan diatas ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun telah melakukan beberapa upaya antara lain:

  1. Menyiapkan infrastruktur koneksifitas Internet/Intranet ke Sekolah, UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan, Guru dan Siswa

  2. Membuat konten lokal kemudian konten tersebut disimpan di Server ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun dan memanfaatkan konten lokal yang dimiliki Sekolah, UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan, Guru dan Siswa diatas.

  3. Mengajak sekolah-sekolah sekitar ICT untuk bergabung menjadi anggota/Client ICT

  4. Mengadakan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan TIK

  5. Memfasilitasi guru-guru yang ingin memiliki web-blog dengan membuat server khusus web-blog

Semoga dengan tulisan ini kami bisa mendapat masukan dari teman-teman. Sehingga keberadaan ICT Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun yang sudah dibuat dengan susah payah dan menghabiskan anggaran pemerintah yang tidak sedikit dapat termanfaatkan dengan baik dan optimal.

TANGGAL 18 MEI 2009, PUSTEKOM DEPDIKNAS MENYERAHKAN BANTUAN 5 (LIMA) SERVER KE DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN, ADAPUN PEMBAGIAN DISERAHKAN KEPADA

1. DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

2. SMAN 1 DAGANGAN

3. SMKN 1 KEBONSARI

4. SMPN 1 GEGER

5. SDN 1 MEJAYAN

PELATIHAN ADMIN OLEH PUSTEKOM DILAKSANKAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN YAITU TANGGAL 18 S/D 19 MEI 2009, KEMUDIAN DILANJUTKAN TANGGAL 20 MEI 2009 DI SMPN 1 GEGER SEJUMLAH 40 PESERTA.

BANTUAN SERVER DARI PUSTEKOM SEIRING SEJALAN DENGAN UPAYA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN ICT YANG TELAH MELAKUKAN BEBERAPA UPAYA DIATAS

INFORMASI :

  1. KABUPATEN BONDOWOSO DAN SAMPANG SUDAH MENYEDIAKAN DANA SHARING UNTUK SEKOLAH GRATIS (SEMUA BIAYA DITANGGUNG PEMERINTAH)
  2. KABUPATEN GRESIK DAN KOTA KEDIRI TELAH MENYEDIAKAN DANA SHARING UNTUK KESEHATAN GRATIS
  3. ENAM SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 10 MALANG, JAWA TIMUR, MAMPU MERAKIT SENDIRI KAROSERI HINGGA PEMASANGAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA EMPAT BERNAMA ‘ZHANGARO’ DENGAN KAPASITAS MESIN 1.500 CC.
  4. SMKN 1 BANGIL JUARA 1 LOMBA LKS BERHAK MEWAKILI MAJU KE TINGKAT NASIONAL

KAMI BERHARAP DENGAN PRESTASI-PRERSTAI YANG DIRAIH SEKOLAH DI LUAR KABUPATEN MADIUN, DAPAT MEMOTIVASI DAN ISPIRASI SEKOLAH DI KABUPATEN MADIUN,NDN